Pengalaman Estetis

Nama : Refi Firgiansyah 

Kelas : R3L 

NPM : 202146500926

Matkul : Filsafat Seni 


Kunjungan Ke Galeri Nasional Indonesia 


Disini saya akan bercerita mengenai pengalaman saya pergi ke Galeri Nasional Indonesia untuk pertama kalinya. Kenapa saya memilih Galeri Nasional Indonesia padahal banyak sekali pameran kesenian lain yang ada di Jakarta, karena waktu itu saya tertarik setelah melihat status instagram temen saya ketika melihat pameran kesinian disana, sehingga saya memutuskan untuk pergi kesana, selain itu bila berkunjung ke Galeri Nasional Indonesia tidak dipungut biaya alias gratis, kita hanya perlu daftar online melalui link yang tertera pada instagram milik Galeri Nasional, lalu kita akan mendapatkan Qr code untuk masuk ke Galeri Nasional Indonesia.

Galeri Nasional adalah satu tempat gudang ilmu pengetahuan, dimana didalamnya tersebut terdapat sebuah kumpulan lukisan-lukisan dan artefak yang dapat kita nikmati dan memahami artinya. Selain lukisan di Galeri Nasional ini juga menampilkan berbagai macam sebuah karya seni yang indah.



Dalam Galeri Nasional ini terdapat karya seni ditiap tiap dinding tembok yang membuat kesan estetik dan indah untuk menarik perhatian setiap pengunjung salah satunya. Sehingga pengunjung ingin datang lagi kesana, karena kita dapat kesana dengan membawa pasangan kita untuk memperkenalkan karya seni yang ada didalamnya.


Dan karya yang membuat saya tertarik adalah karya ini, karena menurut saya banyak makna pada karya tersebut dari segi estetika, pewarnaan, dan makna yang disampaikan oleh seniman kepada orang yang melihat karya ini.

Karya ini di buat  oleh Eddie Hara yang berjudul "The Dog Eats Its Found Obeject (2011)". pada karya ini Eddie Hara menggambarkan figur seekor anjing yang dikelilingi oleh figur-figur aneh. Di negara-negara maju, hewa peliharaan umumnya di anggap lebih daripada sekedar hewan. Mereka juga berfungsi sebagai teman baik, bahkan sebagai salah satu anggota keluarga yang berhak mendapat jaminan dan pelayanan hidup yang layak. Sementara itu, di negara berkembang seperti seperti asia dan afrika, ribuan bayi meninggal karena kekurangan makan dan pelayanan medis. Lukisan ini menghadirkan steeli tersebut: bagaimana jaminan hidup binatang di negara maju sangat kontras dengan kondisi manusia di negara berkembang semuanya di gambar secara naif dan jenaka ala street art.


Itulah cerita saya setelah mengunjungi Geleri nasional dengan banyakan nya karya karya yg di buat dan penuh makna, dan saya juga makin tertarik untuk mengunjungi galeri galeri lain di jakarta karena masih banyak galeri/tempat yang memamerkan karya karya dari seniman yang lain dan menurut saya ini adalah salah satu apresiasi saya pada karya karya yang dibuat oleh seniman seniman ternama di indonesia dan juga untuk menumbukan rasa sayang dan kecintaan terhadap dunia seni pada diri saya sendiri.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Honestly, Kejujuran

Menganalisis Sebuah Karya Desain.

Filsafat Seni dan Estetika